Home » Bagaimana Cara Kerja Kulkas?

Di musim panas, apakah Anda pernah keluar dari kolam renang dan kemudian merasa sangat dingin berdiri di bawah sinar matahari? Itu karena air di kulit Anda menguap. Udara mengeluarkan uap air, dan dengan itu sebagian panasnya diambil dari kulit Anda. Artikel ini dipersembahkan oleh kebayadiva.com penyedia kebaya untuk acara pesta maupun lainnya tersedia juga berbagai macam model kebaya brokat terbaru.

Hasil gambar untuk refrigerator workIni mirip dengan apa yang terjadi di kulkas yang lebih tua. Alih-alih air, kulkas menggunakan bahan kimia untuk melakukan pendinginan.

Ada dua hal yang perlu diketahui untuk pendinginan.

  1. Sebuah gas mendingin pada ekspansi.
  2. Bila Anda memiliki dua hal yang berbeda suhu yang menyentuh atau dekat satu sama lain, permukaan yang lebih panas mendingin dan permukaan yang lebih dingin menghangat. Ini adalah hukum fisika yang disebut Hukum Termodinamika Kedua.

Kulkas tua

Jika Anda melihat bagian belakang atau bawah kulkas yang lebih tua, Anda akan melihat tabung tipis yang panjang yang berputar bolak-balik. Tabung ini terhubung ke pompa, yang digerakkan oleh motor listrik.

Di dalam tabung itu ada Freon, sejenis gas. Freon adalah nama merek gas. Gas ini, secara kimia disebut Chloro-Flouro-Carbon atau CFC. Gas ini ternyata merugikan lingkungan jika bocor dari kulkas. Jadi sekarang, bahan kimia lain digunakan dalam proses yang sedikit berbeda (lihat bagian selanjutnya di bawah).

CFC dimulai sebagai cairan. Pompa mendorong CFC melalui banyak gulungan di area freezer. Di sana bahan kimia berubah menjadi uap. Jika terjadi, itu akan membasahi beberapa panas yang mungkin ada di kompartemen lemari es. Seperti halnya ini, kumparan menjadi lebih dingin dan freezer mulai menjadi lebih dingin.

Di bagian reguler kulkas Anda, ada sedikit gulungan dan ruang yang lebih besar. Jadi, sedikit panas direndam oleh koil dan uap CFC.

Pompa kemudian menyedot CFC sebagai uap dan memaksanya melalui pipa tipis yang ada di bagian luar kulkas. Dengan mengompresnya, CFC berubah menjadi cairan dan panas dilepaskan dan diserap oleh udara disekitarnya. Itu sebabnya mungkin sedikit lebih hangat di belakang atau di bawah lemari es Anda.

Setelah CFC melewati kumparan luar, cairan tersebut siap untuk kembali melalui freezer dan kulkas berulang-ulang.

Kulkas hari ini

Kulkas modern tidak menggunakan CFC. Sebagai gantinya mereka menggunakan gas amonia. Gas amonia berubah menjadi cairan saat didinginkan sampai -27 derajat Fahrenheit (-6,5 derajat celcius).

Motor dan kompresor meremas gas amoniak. Bila dikompres, gas memanas seperti yang bertekanan. Ketika Anda melewati gas yang dikompres melalui gulungan di bagian belakang atau bawah kulkas modern, gas amonia panas bisa kehilangan panasnya ke udara di ruangan itu.

Ingat hukum termodinamika.

Saat mendingin, gas amoniak bisa berubah menjadi cairan amonia karena berada di bawah tekanan tinggi.

Cairan amonia mengalir melalui apa yang disebut katup ekspansi, lubang kecil kecil yang harus dilipat cairan itu. Antara katup dan kompresor, ada daerah bertekanan rendah karena kompresor menarik gas amonia keluar dari sisi itu.

Bila amonia cair menyentuh area bertekanan rendah, gas mendidih dan berubah menjadi gas. Ini disebut penguapan.

Kumparan kemudian masuk melalui freezer dan bagian kulkas yang biasa dimana amonia dingin di koil menarik panas dari kompartemen. Hal ini membuat bagian dalam freezer dan seluruh kulkas menjadi dingin.

Kompresor mengisap gas amonia dingin, dan gas kembali melalui proses yang sama berulang-ulang.

Bagaimana Suhu Tetap Sama di Dalam?

Perangkat yang disebut termokopel (pada dasarnya adalah termometer) bisa merasakan kapan suhu di kulkas sedingin yang Anda inginkan. Saat mencapai suhu itu, perangkat mematikan listrik ke kompresor.

Tapi kulkas tidak sepenuhnya tertutup rapat. Ada tempat, seperti di sekitar pintu dan di mana pipa melewati, yang bisa bocor sedikit.

Jadi ketika udara dingin dari dalam kulkas mulai bocor dan kebocoran panas masuk, termokopel mengubah kompresor kembali untuk mendinginkan lemari pendingin lagi.

Itu sebabnya Anda akan mendengar motor kompresor kulkas Anda menyala, berlari sebentar dan kemudian mati sendiri.

Kulkas hari ini, bagaimanapun, sangat hemat energi. Ones yang dijual saat ini menggunakan sekitar sepersepuluh dari jumlah listrik yang dibangun 20 tahun yang lalu. Jadi, jika Anda memiliki kulkas lama dan tua, lebih baik membeli yang baru karena Anda akan menghemat uang (dan energi) dalam jangka waktu yang lama.

Demikian artikel ini dipersembahkan untuk anda, bila berkenan, silahkan baca testimoni peninggi badan tiens Terimakasih.