Home » Uncategorized » Ini Dia Manfaat Sambal Bagi Kesehatan Tubuh

Mendengar kata sambal yang terlintas di pikiran kita pasti adalah pedas. Ya, sambal memang terkenal karena kepedasan nya. Meskipun begitu, banyak orang yang sangat menyukai olahan cabai ini. Sambal dapat digunakan sebagai teman semua makanan. Sensasi pedasnya membuat orang-orang semakin bertambah nafsu makan nya.

Hasil gambar untuk sambal baik untuk kesehatan

Berbahagialah Anda yang menyukai sambal. Karena selain dapat meningkatkan nafsu makan, sambal ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Sebuah riset menunjukkan bahwa cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, cabai keriting dan jenis cabai lainnya ternyata kaya akan capsaicin. Capsaicin adalah senyawa komponen bioaktif yang punya banyak manfaat dalam pertahanan tubuh terhadap infeksi. Senyawa ini juga digunakan untuk meringankan rasa sakit. Selain itu, mengonsumsi cabai juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta merangsang kerja ginjal, paru dan jantung.

Kabar gembira untuk Anda para penikmat sambal. Sambal ternyata baik untuk kesehatan Anda. Simak, yuk!

Manfaat sambal bagi kesehatan tubuh

  1. Menurunkan berat badan

Kandungan capsaicin pada cabai ternyata mampu mempercepat motabolisme dan membantu tubuh dalam membakar kalori lebih cepat. Penelitian menunjukkan bahwa sensasi panas yang dihasilkan cabai mampu mendorong kerja metabolisme tubuh hingga lima persen. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatkan detak jantung.

Mengonsumsi cabai dengan takaran berapapun mampu menekan nafsu makan dan menurunkan jumlah kalori pada makanan yang Anda makan. Sehingga berat badan Anda akan tetap terjaga.

  1. Menyehatkan jantung

Sebuah riset menunjukkan bahwa banyak makan pedas akan menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan serangan jantung. Kandungan vitamin A dan C dapat memperkuat dinding otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Akibatnya, akan terjadi penurunan tekanan darah. Capsaicin juga efektif digunakan untuk melawan inflamasi yang berisiko menimbulkan penyakit jantung.

  1. Mengurangi risiko penyakit kanker dan tumor

Mengonsumsi makanan pedas secara teratur  ternyata dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin dapat mengaktifkan reseptor sel lapisan dalam usus untuk menciptakan reaksi yang bisa menurunkan risiko pertumbuhan tumor. Capsaicin dalam cabai dianggap efektif terhadap pengobatan kanker payudara, pankreas dan kandung kemih.

  1. Dapat meringankan sinusitis

Pernahkah Anda mengalami hidung Anda tiba-tiba berair saat mengalami kepedasan? Hal yang demikian itu adalah wajar. Karena kandungan capsaicin dalam cabai mirip dengan senyawa yang banyak ditemukan dalam ramuan obat dekongestan. Akibatnya, semakin pedas sambal yang Anda makan, maka akan semakin berair pula hidung Anda.

 

Tips untuk Anda yang sedang mengalami flu, ada baiknya jika Anda menaburkan sejumput bubuk cabai kering pada teh Anda. Minumlah secara perlahan sambil menghirup uap dari teh tersebut. Uap tersebut akan merangsang membran mukus yang melapisi saluran hidung agar menguras lendir. Dan Anda akan dapat merasakan pernapasan Anda membaik.

  1. Dapat menjaga mood

Terkadang mood kita sering naik turun ketika dihadapkan pada suatu masalah. Namun sekarang Anda tidak perlu bingung dengan bagaimana cara menjaga mood Anda. Cukup pergi ke dapur dan ambil cabai secukupnya untuk membuat sambal. Karena ternyata cabai merah dapat meingkatkan hormon endorphin dan serotonin. Kedua hormon ini bisa membuat perasaan nyaman, sehingga dapat meredam stress dan depresi dalam diri Anda.

 

Itu tadi ulasan mengenai manfaat sambal yang harus Anda ketahui. Walaupun banyak manfaatnya, tetapi jangan mengonsumsi sambal terlalu banyak. Cukup sesuai dengan porsi nya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*