Home » Panduan Pemula untuk Teh Oolong

teh-oolong.jpg

Teh Oolong

Selama beberapa tahun terakhir teh hijau telah menjadi sangat populer dan tersedia di sebagian besar toko dan kafe. Hal ini juga digunakan dalam semua jenis produk seperti sampo, krim wajah, lilin dan banyak barang lainnya. Artikel ini dipersembahkan oleh kebaya diva tempatnya kalian untuk mencari model baju kebaya modern yang sangat rekomendasi dengan baju kebaya yang berkualitas.

Teh Oolong diproduksi dari tanaman yang sama, yang disebut Camellia Sinensis. Bedanya, Oolong adalah minuman semi-fermentasi sedangkan teh hijau tidak difermentasi.  Proses fermentasi dilakukan oleh seorang pekerja terampil yang bisa memfermentasi teh ke berbagai tingkatan untuk menciptakan varietas yang berbeda. Daunnya dirangsang sampai proses oksidasi mencapai tingkat yang diinginkan dan kemudian dimasak untuk menyelesaikan prosesnya.

Daun selanjutnya diproses setelah fermentasi untuk meningkatkan bau, tekstur dan rasa. Hal ini dilakukan dengan menggulung dan menggosok teh. Mungkinkah untuk mencapai berbagai tingkat teh, dan saat pemrosesannya melebihi pengetahuan ahli Oolong akan memeriksa daun dan memberi mereka nilai.

Sejarah Oolong mengatakan bahwa ini pertama kali diproduksi di provinsi Fujian di China.

Beberapa teh terbaik masih berasal dari daerah ini meski sekarang juga diproduksi di banyak tempat lain termasuk Taiwan, Vietnam dan Thailand.

Salah satu alasan mengapa teh hijau menjadi sangat populer adalah karena ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan minum secara teratur.

Manfaat ini juga dilaporkan ada di Oolong dan dipertahankan bahkan setelah teh diproses. Beberapa manfaat umum yang diklaim adalah stimulasi metabolisme dan kemampuan untuk meningkatkan pencernaan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba beberapa Oolong maka dianjurkan untuk mencari pemasok yang berkualitas. Ada banyak penjual di internet yang bisa memasok teh enak dan banyak yang bisa mensuplai teh yang tidak begitu baik.

Barang-barang di toko lokal China cenderung memiliki kualitas yang sangat rendah dan tidak layak dibeli. Carilah pedagang teh spesialis dan cobalah beberapa yang berbeda untuk menemukan kualitas terbaik.

Beberapa varietas yang lebih populer termasuk Gao Shan, Tie Guan Yin, Vietnam Golden Buds dan Formosa Oolong yang berasal dari Taiwan. Jangan takut terjebak dan mencoba beberapa varietas.

Saya dapat memberitahu Anda bahwa Oolong yang baik benar-benar teh yang lezat, jadi jika Anda tidak terkesan dengan apa yang Anda beli, carilah pedagang lain karena barang bagus ada di luar sana.

Manfaat Teh Oolong

Pernah minum teh Oolong? Teh ini memiliki perpaduan rasa antara teh hitam dan hijau. Ada berbagai macam teh oolong, tetapi jenis yang paling terkenal berasal dari Provinsi Fuijan, China. Jadi, kenapa kita harus minum teh Oolong? Sebagai salah satu jenis teh yang paling populer di China dan Taiwan, Oolong diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Nah, berikut adalah tujuh manfaat teh Oolong untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari WebMD.

1. Membantu menurunkan berat badan

Nah, ini adalah salah satu manfaat teh oolong bagi mereka yang sedang menjalani diet. Teh oolong dapat membantu kita membakar lemak lebih cepat dengan menaikkan metabolisme, dua jam setelah meminumnya. Oolong juga mengandung polifenol yang bisa memblokir enzim yang membangun lemak di tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Teh oolong juga dikatakan bisa menurunkan kadar kolesterol. Itu membuat teh ini bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan polifenol dalam oolong juga mampu mengaktifkan enzim lipase yang bisa melarutkan lemak tubuh.

3. Menyehatkan rambut

Karena kaya antioksidan, teh oolong juga dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Kita bisa menggunakannya untuk membilas rambut. Rambut akan jadi lebih tebal dan berkilau.

4. Menstabilkan gula darah

Orang yang menderita diabetes tipe 2 umumnya memiliki kadar glukosa darah yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang menderita diabetes bisa mengonsumsi teh oolong untuk menormalkan glukosa darah.

5. Mencegah kerusakan gigi

Teh oolong juga dapat melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri tertentu. Itu artinya, teh ini sangat efektif dalam mencegah kerusakan gigi dan pembangunan plak.

6. Mencegah osteoporosis

Selain susu, Anda bisa mengonsumsi teh oolong untuk menguatkan tulang. Oolong dapat mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum teh oolong cenderung memiliki tulang lebih padat, karena teh ini membantu mempertahankan mineral dari makanan sehat yang kita konsumsi.

7. Meningkatkan fokus

Secangkir teh oolong dapat membantu meningkatkan fokus karena mengandung kafein. Anda mungkin bisa mengganti kopi dengan teh oolong sebagai alternatif peningkat fokus saat bekerja.

Karena mengandung kafein, Anda tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Sebab, mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, gelisah, sindrom iritasi usus, denyut jantung tidak teratur dan peradangan. Jika Anda sedang hamil, menyusui atau memiliki kondisi medis serius yang bisa terpengaruh oleh konsumsi kafein, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.